Saturday, March 9, 2013

Ritual Jum'at Malam




adakah yang tau pasar malem? atau pasar kaget? itu tuuhh, pasar yang biasanya suka tiba-tiba ada di suatu tempat dan cuma malem hari, tempat-tempatnya bisa di suatu gang, atau di lapangan, atau bisa juga di sekitar taman. yaa layaknya pasar kebanyakan, barang-barang yang dijual sama pedagang-pedagang disini ga jauh-jauh dari sayur-sayuran segar, buah-buahan, baju-baju daster, jajanan-jajanan dan yang pasti semua yang di jual disini adalah MURAH. mhuhahhahaa

kalo di deket rumah gue biasa nya si Pasar Malem itu dateng nya saat jum'at malam atau biasa disebut malam sabtu. Pasar disebut malam sabtu. Pasar malem disini sebenernya udah lama hadir disini, sekitar 5 tahunan lah. sebelum pasar ini udah gak ada, kayaknya sayang banget kalo gak kita dokumentasiin. Sekalian gue mau ngebahas apa aja sih yang biasanya ada di Pasar Malem alias Pasar Kaget. Dan inilah hasil dari keisengan yang agak niat gue di Ritual Jum'at Malam. CEKIDOT....


~Spot Ibu-ibu~


Namanya juga pasar, udah pasti ada ibu-ibu si bank berjalan ya gak sih. Ibu-ibu lebih suka belanja disini nih, karna mereka bisa dapetin barang-barang disini dengan harga miring dan satu yang pasti ga perlu ngongkos. Berikut nih, yang sering di kunjungi ibu-ibu kalo di pasar malem :

1.    Sayur-sayuran segar

Sayuran sama buahnya lengkap
Di spot ini yang biasanya paling rame. rame abis malah. dan semuanya ibu-ibu, cuma satu yang bapak-bapak yang tidak lain adalah penjualnya sendiri. Nah ibu-ibu yang lagi bungkuk pake kerudungan itu adalah nyokab gue. :D 

Ibu-ibu sama bapak-bapaknya
 lagi nimbang belanjaan
nyokab(pojok kanan bawah) gue

2.    Sendal Karet
Di spot ini semua sendal mulai dari yang model jepit sampe model selop, dari yang ukuran anak-anak sampe ukuran dewasa semuanya berbahan karet. Di spot ini juga banyak ibu-ibu muda yang beliin sendal buat anaknya. 

Sendal karetnya nih

------------------------------------------------------------------------------------------------
  
~Spot Remaja~


Nah mas-mas sama mba-mba juga ga ketinggalan nih dipasar ini. Mereka juga berbondong-bondong kesini, dan mungkin juga untuk ajang (ehem) mencari jodoh kali yaa... Spot-spot yang sering mereka gandrungi tuh diantaranya nih :


1.      Parfum
Parfum ini dijual permili gtu. Tapi kayaknya ada minimal mili nya si. Paling murah itu 5.000 rupiah sajah. Wanginya juga banyak, tinggal pilih mau yang paling wangi atau paling bau sekalipun (yang ini becanda, sumpah) :D 

2.      Jam Tangan
Jam tangan disini sebenernya ga cuma buat remaja sih, tapi emang kebanyakan buat remaja. Dari yang bahan kulit sampe bahan plastik ada disini. Harga kisaran 15ribu ke atas lah.

parfum (atas) dan
jam tangan (bawah)

 3.      Kacamata
Kalo pengen kacamata baca yang murah dan tanpa harus ke dokter, disini nih tempatnya. Tinggal bilang berapa minusnya, ga sampe satu menit udah jadi tuh kacamata. Gimana engga, orang tinggal ambil. hahhaha. yaa apes2an sih, kadang ada yang gak pas ukuran minus nya, tapi tenang aja bisa di tuker berkali-kali kok sampe cocok. Gak cuma itu, kacamata yang lensanya warna-warni juga banyak disini, bahkan kacamata gelap ala tukang pijet pun masuk kedalam salah satu kategori barang yang laku disini.

4.      DVD/CD/MP3 Bajakan
Ga usah diraguin lagi. Gimana gak rame, buat contoh aja CD lagu. Biasanya kalo CD asli kita bisa dapetin dengan harga yang nyampe ratusan ribu, disini bisa kita dapetin cuma 10rb rupiah, bahkan ada beberapa penjual yang menawarkan 10rb rupiaah PERKEPING.

Kacamata (atas) dan
DVD bajakan (bawah)

------------------------------------------------------------------------------------------------

~Spot Anak-anak~
Ga lengkap rasanya kalo pasar malam ga ada spot ini. Tempat ini paling random ramenya. Mulai dari suara musik pengiring maenan anak-anak, teriakan anak-anak, sampai jeritan ibu-ibu yang lazim banget "naaaakkk, ayo udahaaan maen nyaaahhh..!!!". Nah di spot ini ada banyak macam permainan buat anak-anak, berikut nih..:

1. Odong-odong
    Odong-odong ini bisa dibilang sebuah wahana keliling, karna wahana tersebut ada di atas sepeda dan mesin penggeraknya pun dari sepeda itu juga dan biasanya juga abangnya suka keliling2 kampung tuh kalo lagi ga ada pasar malem. Odong-odongnya ini macem-macem bentuknya, mulai dari motor-motoran, binatang-binatangan, dan lain-lain. 
2. Kereta-keretaan
    Layaknya kereta beneran, ada relnya juga nih maenan kereta ini. Kereta-keretaan ini memakan lahan cukup banyak, karna relnya itu loh lumayan panjang. Kereta ini bisa di tumpangin maksimal 8 orang dan maksimal anak-anak (yaiyalah) dengan tanpa tujuan. Dimana si anak naek, disana pulalah si anak turun. 
   
Odong-odong (atas) dan kereta2an (bawah)
3. Balon
   Kalo jaman dulu sih yaa balon nya cuma bentuk lonjong dan warna-warni ajah, beda kalo sekarang. Semua bentuk balon dari tokoh kartun apapun bisa didapetin disini.

4. Ipad KW
    Gue ga tau pasti sih nama gadget(?) ini apa sebenernya. bentuk fisiknya mirip banget sama tablet, cuma aja gadget(?) ini cuma bisa di buat maen game, ga bisa buat nelpon, sms, apalgi chatting. :))

5. Mancing Ikan
    Kalo yang ini permainan susah-susah susah nih, butuh keahlian. Yak! Mancing!. Biasanya kita di modalin satu pancingan sama satu ember buat naro ikan hasil pancingan kita nih. Tapi, ember itu ada airnya juga, biar ikan nya ga mati. Nah jumlah ikan yang kita dapetin ditukerin deh sama hadiah. Hadiahnya macem-macem, tergantung jumlah ikan yang didapet. Seru kan tuuh... Cuma modal 1000 bisa dapet hadiah macem-macem :D


Balon (atas) dan Sewa Ipad KW (bawah)

Yok mancing yoookkk...!!

------------------------------------------------------------------------------------------------

~Spot Kuliner~

Kalo spot ini sih siapa ajah bisa. Tua muda, laki-laki wanita, ibu-ibu bapak-bapak anak-anak dan remaja sekalipun udah pasti nih ke salah satu spot ini. Kuliner disini ada banyaaaaaakk banget. Ada cimol, cireng, tahu jeletot, tahu gejrot, kue-kue basah dan lain-lain. Ada juga loh makanan beratnya, kayak sate padang, gudeg dan teman-teman nya, ada sego kucing juga dan masih banyak lagi. Seperti gambar berikut nih :


Cireng tahu cilok cimol = lapeeerrr -___-


gue berniat buat ngebahas khusus kuliner aja, tapi nanti yah di postingan berikutnya.
------------------------------------------------------------------------------------------------

oia ga cuma ibu-ibu, bapak-bapak, mbak-mbak, mas-mas, dan ade-ade loh yang ada disini. Si Meong pun juga ga mau ketinggalan. Liat aja tuh... :3


pus : ngeong ngeong ngeong | penjual : 15ribuan aja ciinng...
------------------------------------------------------------------------------------------------nih buat bonus.....:


Belah Duren dimalam hari paling enak dengan kekasih...




 
traalalaa lalalalaa tralala lalalalalalaaaa



sekian informasi menarik tentang pasar malam ini, saya Rahma Muliani melaporkan langsung dari kampung Gaga. ^______^