Thursday, January 30, 2014

Tentang belajar dan mengajar


Huweeyyooohhh..... Belom bulukan kan nih blog??? hahahhaa.... Begini deh jadi orang sok sibuk. Dari kemaren lagi ribet ngurusin 2 blog. Hahahhaa kegayaan banget kan, ampe punya 3 blog, atu aja kagak keurus ginih. 

Akhir-akhir ini gue juga disibukkan dengan mengajar. Iyak gue ngajar. Ngajarin anak esempe. Tapi ga disekolahan juga si, jadi yaaa semacam privat gtu, cuma privatnya keroyokan. Sepuluh orang massa nya. Gue mau sekalian berbagi nih soal perkembangan pendidikan si anak-anak ini.


Ga ngerti sih yaa apa yang salah dari mereka, mereka tuh sebenernya antusias banget kalo belajar. Tapi entah kenapa mereka itu lebih banyak nanyanya dengan pertanyaan yang sama. Misal nih mereka nanya satu soal, gue ajarin, trus mereka bilang udah ngerti. Gue ajarin lagi mereka paham. Tapi besoknya mereka nanya lagi soal yang sama. Begitu aja seterusnya. 

Terus nih yah, baru beberapa hari ini gue menemukan keanehan di mereka. Gue tanya 12 bagi 7 berapa? dan mereka jawab "laahh gaa bisaa kaaakk..." jeng jeng jeng jeng.... terus gue suruh mereka ngitung secara manual, di kertas, trus mereka bilang "aku ga ngerti kaa caranyaa..." WHAAATTTT.....??????! jadi yang ga bisa itu lo pada, ga bisa ngitungnya, bukan 12 ga bisa di bagi 7 kan? iya kan??   *emosi* . Gue tanya lagi, "terus kalo ada PR gimana ngitung nya? " , dan salah satu dari mereka ada yang jawab "kalo aku bikin lidi-lidian ka di kertas." Masya Allah, iyak kalo cuma 12 di bagi 7, lah kalo 2345 dibagi 30 giama caranya? mau bikin lidi-lidian sebanyak dua ribu-an gitu?? 

Gue hampir hopeless, tapi ngeliat mereka pada semangat gue ga jadi hopeless lagi deh. Akhirnya 2 pertemuan belakangan ini di sela-sela belajar gue selipin deh tuh soal-soal tentang pembagian tadi, gue bikin semacam kuis gitu, biar mereka ga jenuh juga. Dan banyak lagi strategi-strategi lainnya yang gue kasih ke mereka. Nanti gue bahas deh di postingan selanjutnya. 

Ga ngerti kenapa ya bisa segitu nya. Hal yang paling dasar aja mereka bingung, gimana mau ngerjain yang lain coba. Gue pernah sesekali nanya sama mereka, "waktu SD pernah di suruh ngafalin perkalian 1 sampe 10 ga? " , ada yang jawab iya, ada yang jawab engga, ada juga yang jawab iya tapi ga di test ka. Pernah juga gue nanya "kalian kalo malem pada belajar ga?" yaa rata-rata pada jawab engga. Kebanyakan nonton tipi. Iyak nonton sinetron barengan sama emaknya. 

Suka ga ngerti sama emak-emak yang ga mau ngalah sama anakya ginih. Dulu jaman gue sama kakak gue masih sekolah, nyokab gue ga uptu, sinetron ini gak tau, sinetron itu ga tau, kenapa? itu gegara ngalah sama anak-anaknya yaitu gue dan kakak gue. Biar kita pada belajar, dan gak ikut-ikutan nonton tipi. Itu aja hasilnya ga jadi pinter-pinter amad. Gimana kalo dari kecil gue bener-bener dibebasin gitu jam belajarnya? bisa gak naek kelas kali gue. Gue emang ngakuin kalo udah di depan tipi tuh pasti susah buat lepas pandangan dari tipinya. Dulu gue nonton tipi paling pulang sekolah, itupun sebentar banget. Abis itu buru-buru les, pulang les udah malem, ya enaknya mah sih tidur yaa.... Sambil baca-baca dikit. 

Mereka pernah gue kasih tau kan, "kalo pada gak ngerti, pas abis di terangin, langsung tanya sama gurunya. apa yang ga ngerti" trus mereka jawab " guru nya suka gitu kaa, ga mau jelasin, marah-marah mulu". Hemm kalo ini sih emang sering ditemuin di berbagai sekolah, tapi ga semua sekolah kok kayak gitu. Ada juga yang bilang gini "aku malu kaaa nanti di ketawain sama temen-temen" . Hahahaa kalo urusan yang satu ini gue juga sih kayak gini. Emang malu banget kalo pas kita nanya di ketawain sama temen-temen. Padahal yang ngetawain belom tentu pada ngerti apa yang kita mau tanyain. 

Segitu dulu lah cerita-ceritanya. Lagi ngurusin blog yang lain nih.. Duaduaaaahhhh.... 

No comments:

Post a Comment