Wednesday, May 3, 2017

Film Sekolah? Pengen Kembali Ke Masa Itu?

Jadi begini, kemarin itu disalah satu group WhatsApp ada pembahasan soal fotografi, videografi, cinematografi dan semisalnya. Jadi inget sembilan tahun yang lalu, dimana gue lagi begitu tergila-gilanya akan 3 hal yang baru saja gue sebutkan tadi. 

Berawal dari sebuah VCD yang dipinjemin sama tetangga gue. Isinya itu sebuah film yang berjudul "Catatan Akhir Sekolah". Kalian yang sudah gaul dijaman itu mungkin gak asing lagi sama judul film itu. Sebuah film tentang 3 orang anak SMA yang bikin film tentang sekolahnya, hemmmm semacam buku tahunan sekolah dalam bentuk digital lah bisa dibilang. 

Film ini diperankan oleh Ramon Y. Tungka sebagau Agni, Vino G. Bastian sebagai Arian dan Marchel Chandrawinata sebagai Alde. Cerita dalam film ini diawali oleh si Agni yang sedang mempresentasikan film buatannya, namun ditolak oleh teman-teman satu ekskul nyah. Kemudian Arian yang kesal karena tidak diundang dalam rapat kepanitiaan buku tahunan sekolah, hanya Alde yang diundang. Karena kesal dan dendam, akhirnya mereka merencanakan membuat sesuatu yang bisa membuat teman-temannya berkesan, lebih berkesan dibanding buku tahunan sekolah. Selanjutnya silahkan kalian nonton sendiri aja ya gaays....  

Setelah menonton itu film, gue begitu amazed...Salut buat sutradaranya yang sukses bikin gue terobsesi sama film sekolah. Ya, gue terobsesi untuk melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan oleh Agni, Arian dan juga Alde. Saat itu gue masih kelas satu SMA, obsesi itu cuma ada difikiran dan hati gue. Belom ada action sama sekali dari gue. 


Gayungpun bersambut, gak lama dari itu di sekolah terbentuklah eksul film. Girangnya tiada tara, gue sampe menarik temen-temen gue yang sebenernya gak suka sama eksul ini buat ikutan juga. Maklum, gue dulu emang masih agak males-males manja kalo harus ikut eksul sendrian. Eksul film itu begitu menyenangkan. Kita diajarin cara ngambil ngambar pake handycam sampai diajarin ngedit video, yaa walaupun waktu itu masih pake software bawaan Windows, apalagi kalao bukan Windows Movie Maker. Hahahha, ada yang tau software ini? *ihi* *ketauan tuanya*. Oiya, handycam itu kalau ga salah ada 3, satu punya sekolah, satu punya pak Teguh (pemandu ekskul sekaligus Guru Kimia), satu lagi entah punya siapa. 

Gue pun sering banget latihan edit2 video di rumah. Yang Alhamdulillah, kakak udah punya komputer waktu itu. Jadi bisalah gue minjem buat belajar-belajar. Sedikit-sedikit gue belajar motong dan menyambung video, menyelipkan gambar ditengah-tengah video, menyisipkan teks di dalam video, ngasih transisi,efek-efek, nambahin musik dan lain-lain. Pokoknya tools2 yang ada di dalam Windows Movie Maker gue pelajarin satu-satu. Bahkan sampai ngerender dan jadinya sebuah video entah dalam format 3gp, mp4, avi, dll. Oiya, pas itu kakak gue ngeliat aktifitas gue ini, terus gue direkomendasiin software yang lebih kece namanya MAGIX. Ternyata bener, di software ini effectnya lebih banyak, transisinya juga ga kalah banyak, dan di sini lebih bebas itu gambar mau diapain aja. hehehe I Loved It. 

Aktifitas ini sempat berhenti saat ujian akhir kenaikan kelas, tapi setelah ambil raport dan gue naik ke kelas 2 SMA, gue melanjutkan aktifitas ini ditengah-tengah liburan sekolah. Hingga liburan pun berakhir... dan bahkan sampai kelas 2 pun berakhir. Namun berakhirnya liburan, berakhir juga itu ekskul film, skhirnya mau ga mau gue pun cabut dari ekskul film itu. Tapi sebenernya udah aak males juga sih pas akhir-akhir. Males, makin lama makin ga pernah ada yg dateng. Malah pernah hari sabtu yang dateng cuma kelompok gue doang. Agak disayangkan emang yaa. 

Tak disangka, tabungan gue berbulan-bulan (eh apa bertahun-tahun yaah?) sudah lumayan terkumpul, terus kakak gue nyaranin beli kamera poket digital. Iyah, cuma kemera poket, jaman dulu belom ade yang namanya SLR apelagi DSLR. Gue pun langsung setuju tanpa ba..bi..bu....Setelah kamera digital itu udah ada ditangan gue, dalam hati gue berteriak "INI SAATNYAH!!!" 

Gue mulai proyek ini dengan corat-coret skenario di notes gue, boleh loh kalau mau intip-intip di sini. Gambar apa aja yang harus diambil, siapa aja yang mukanya harus ada di video, siapa aja yang harus di wawancara dan semua-semua yang penting. Bahkan gue sampe minta foto dan video saat angkatan gue ospek sama Pak Teguh. Walaupun saat itu gue dikerjain dulu disuruh beli sate ayam di kantin dan gue ga dibeliin. Ditanya-tanya dulu buat apa video itu, bahkan sampe disuruh janji buat konsisten ngejalanin proyek film sekolah ini. Kalo gue berhasil, doi mau tuh ngijinin film itu diputer di tayang pas hari Perpisahan Sekolah. Yesss,, kalo ini mah, jangankan disuruh beliin sate dikantin, yang di Cipulir juge gue jabanin. hahaha....

Pas masuk kelas 3, entah bagaimana ceritanya gue bertemu dengan manusia yang bernama Bobby. Dia sekelas sama gue sih, tapi baru kenal pas kelas 3 ini dan ternyata dia juga suka sama film Catatan Akhir Sekolah. Cukup lama gue menyadari kalo ternyata doi juga punya hobi yang semirip sama gue. Gue pun mencoba menjelaskan proyek gue ini, dan yes dia pun mau bergabung. Akhirnyaaa gue dapet temen yang semisi sama gue....

Kita pun bagi-bagi tugas, dia yang bertugas ngumpulin data (foto dan video) gue pun mencoba mengedit video sedikit-sedikit. Mulai dari bumper dan credit title. Karena itu yang paling mudah dikerjakan, karena tidak membutuhkan gambar. Tak lupa juga gue cari-cari lagu yang pas buat dijadikan backsound. Cara-cara yang gue lakukan itu seperti liat-liat playlist kakak gue, beli mp3 bajakan di pasar malem maaf yg ini jangan dicontoh yah please, okeh skip, nonton acara live musik di tv atau ftv, download pake modem sma*t yang bentuknya kayak flashdisk, bahkan gue sampe nekat ke warnet sendirian. Pulang sekolah atau pas libur emang sengaja ke warnet, sekalian ngeblog juga sih.. ahahhaa *iyaah aku emang anak warnet dulu.. mIRC, friendster, blogging, itulah kerjaan gue kalo di warnet.... ASL PLS* :)))

Tahap demi tahap pun berhasil gue kerjain sama temen gue tadi. Berkat Bobby, data yang terkumpul diluar ekspektasi gue. Doi berhasil wawancara anak IPA dan IPS (yang emang gue ga ada yang deket sama anak IPS) yang pentolan di sekolah, ibu kantin, pak satpam, bapak yang suka bersih-bersih, semua guru-guru, bahkan Kepsek dan Wakasek. Elo keren bob, kalo lo wartawan pasti bayaran lo mahal soob... hehe...
Gue jadi mudah untuk ngedit videonya, dan semoga saja film ini bener-bener bisa selesai tepat waktu dan seluruh penjuru sekolah bisa menonton film tersebut. 

Padahal saat itu, anak-anak lagi lagi heboh sama UAN. Saat itu angkatan kami termasuk yang dalam percobaan UAN 6 mata pelajaran itu. Dan kelulusan murni pake nilai UAN. Tapi gue termasuk sedikit ga peduli, malah lebih tertarik sama film. Sempet dimarahin jua sih sama mamah, kok maen komputer mulu, hehhee mamah ga tau aja mah anakmu ini lagi pengen bikin tenar sekolah... mpreett.. OMDO.

Ya, emang bisa dibilang OMDO, karena film itu akhirnya gak selesai. Karena kita pada sibuk nyari kampus masing-masing setelah UAN. Niat ngumpul buat nerusin edit video yang padahal tinggal sedikit lagi selesai, akhirnya video itu terbengkalai begitu saja. Kesal, yaaa sangat kesal. Kenapa gak kita publish aja video yang seadanya itu, masa cuma egara ada data yang kurang dikit, proyek kita gagal. yaah, mungkin kita belum dewasa, gak siap nerima omongan "kok gue ga adaa di filmnya" setelah film itu dipublish ke angkatan. 

Akhirnya, film yang berdurasi hampir satu jam itu terbengkalai begitu saja. Padahal moment yang kita ambil udah lengkap banget, mulai dari MOS (Masa Orientasi Sekolah), KBM di kelas, wawancara seluruh penghuni sekolah, kegiatan eksul dan studi tour, moment anak-anak yang dihukum karena telat atau karena kabur pas sholat Zhuhur dan Sholat Jum'at, moment pas UAN, moment pas.... aahh sudahlah, gue jadi sedih kalau mengingatnya. 

Dan demi membahagiakan hati yang terobati, gue pergunain data-data yang terkumpul tadi buat bikin film kelas aja. Film itu gue kasih ke Wali Kelas gue tercinta, Pak Wie sebagai kado perpisahan dari gue. Uwuwuwuu co cweeet yaaa Rara... hehhee.... 

Beberapa tahunpun berlalu....

Kakak sudah punya komputer lain, gue pun udah kuliah dan punya laptop sendiri. Komputer yang kemarin gue pake buat ngedit komputer terbengkalai begitu saja, di rumah sebelah, sendirian, di lantai hingga akhirnya...........

BANJIR PUN TIBA...

Yaa, sistem unit dan monitor yang tergeletak di lantai itu tergenang bersama banjir... 
yaa, sistem unit itu terkena banjir... banjiir.. banjiiiirr..... 
Gue dan kakak gue mencoba untuk menjemur itu komputer. Dengan harapan bisa dinyalain lagi...
Setelah dijemur beberapa hari, kita berdua mencoba untuk merakit komputer itu lagi dan mencoba menyalakannya lagi. 

Dan Alhamdulillah, komputer itupun kembali menyala... akupun senang... 
Bahkan sempat dipakai buat nonton TV loh, pake TV Tunner...
Tapi, kesenangan itu tak berlangsung lama.
Tak lama dari itu tetiba saja bunyi *blupp!!*

Entah apa yang meledak saat itu, tp pas TV Tunnernya dicoba di monitor lain, ternyata masih bisa. Berarti ada 2 kemungkinan, kalo ga monitor yaa sistem unitnya.
Kakak gue pun udah males ngurusinnya, gue pun takut nyobanya.. kalo kalo tuh barang bakalan meledak lagi...

dan satu hal yang lebih menyedihkan, FILMNYA BELOM DI COPY.... TEDAAAAKKKKK...!!!!
nyesek pake banget loh ini....



Sudah aahh segitu saja mengenan masa lalunya, keterusan ntar baper lagi. hahhaa. Inti dari tulisan ini adalah, gue cuma mau ngasih tau ke kalian para pembaca, 

kalau emang kalian punya sebuah karya, jangan ragu-ragu buat di publish ke orang banyak. Even karya itu udah sempurna atau masih setengah jalan. Ntar nyesel kayak gue. Padahal kan harusnya gue bisa aja nekat publish itu film sekolah walaupun belom selesai. Kan kali aja gue jadi inspirasi buat adik-adik kelas atau temen-temen angkatan gue kan. Lagian, mereka kan juga ga tau kalau iitu film belom selesai sebenernya. Mereka kan hanya menilai itu film bagus atau engga. Iyaa kannn.... 
dan satu hal lagi, apapun datanya, kapanpun dan dimanapun......

JANGAN LUPA BACK UP..!!!!     

Okehh terimakasih telah menyimak tulisan yang sangat panjang ini. Terimakasih group WhatsApp telah membuat aku melayang ke masa lalu, dan sekarang akuuuu jadi bapeeerr.... 



ps: salut sama anak sekolah sekarang yang pada bikin film-film pendek gtu di Youtube, walaupun ceritanya kadang biasa aja, tapi tetep aja kalian keren. Lanjutkan yaahh gays, biar jadi hiburan buat gue... hehhhe







No comments:

Post a Comment