Saturday, March 8, 2014

Masalah Belajar Anak-anak

sumber

Anak-anak jaman sekarang emang udah pada pinter-pinter. Otak nya pada canggih-canggih. Emang. Tapi ga semua anak kayak gitu. Ada sebagian anak yang ga ke sorot justru kebalikannya. Jangankan pinter, untuk di bilang “sekedar bisa” pun sedikit sulit. Bisa dibilang ketinggalan. Yap, itu lah anak-anak ajar gue yang belum lama ini gue ceritakan disini.



Berdasarkan penelitian gue ke anak-anak ajar gue ini, gue banyak menemukan penyebab-penyebab yang bikin mereka Cuma “sekedar bisa”  ini dan udah gue rangkum sebagai berikut.

1.       Males Baca

sumber

Membaca itu salah satu cara buat kita mengerti sesuatu yang belum kita pahami. Dengan baca juga kita jadi bisa mengingat. Nah anak-anak ini tuh pada males banget baca. Jangankan baca materi, baca soal aja (yang tulisannya dikit) mereka tuh gak mau. Males, pusing duluan katanya ngeliat tulisan banyak. Padahal kalo aja mereka mau baca itu soal, terus di pahami maksud soalnya, mereka mungkin akan lebih mudah ngerjain soalnya. Apalagi kalo mereka mau baca materi nya. mungkin gak cuma satu soal, dua tiga empat soal pun mereka akan lebih mudah ngerjainnya.

2.       Gak Mau / Takut Untuk Nyoba

sumber

“Berani kotor itu baik” kata iklan Rinso. Nah ini juga nih permasalahan anak-anak ini. Mereka gak mau coba sesuatu hal yang baru. Soal nya lain dikit dari contoh, langsung pada nyerah. Bingung, pusing, lalu galau berkepanjangan.

3.       Gak Mau Ngitung

sumber

Yang ini buat pelajaran matematika. Gimana cerita nya mau belajar matematika tapi gak mau ngitung. Gak mau disini dalam hal secara maual. Kalo pake kalkulator mah semangat semangat aja mereka. Alesannya “aahh angkanya gede banget kaa”. “kaa banyak banget yang harus di itung”. Ya namanya matematika itu yaa ngitung. Itulah indahnya matematika.

4.       Gak Mau Maenin Rumus

sumber
Masih buat pelajaran matematika. Anak-anak ini jarang ada yang kreatif. Gak mau maenin rumus. Mau nya cuma terpaut sama satu rumus itu ajah. Misal nih di soal pertama diketahui persegi panjang, panjang 10cm, lebar nya cm. Hitunglah luas nya. Semua anak pasti tau nih rumusnya, Luas = panjang x lebar.
Nah di soal kedua, di katahui luas persegi panjang 50cm, panjang nya 14 cm. Hitunglah panjangnya. Nah, padahal kan rumusnya sama aja kan ya, tinggal di puter-puter aja angkanya. Belom dicoba mereka langsung bilang “kaaa aku bingung caranya, kok beda sama yang tadi...”. Yang namanya belajar matematika, gak Cuma rumus yang di pake, tapi logika juga harus. Gitu.

5.       Kebanyakan galau.

sumber
Okeh, yang ini pasi di alami banyak anak. Galau boleh, tapi ya gak usah pake berkepanjangan juga kali. Umur kalian masih belasan. Waktu kalian masih panjang untuk menikmati rasa cinta dan rasa sayang yang pake galau. Kalo putus yaudah ga usah sampe depresi banget. Gak usah DRAMA kata anak gaul mah. Ya kalo bisa lagi sih, ya gak usah pake pacaran. Di umur kalian itu emang baru - baru nya mengenal apa itu cinta dan sayang. Tapi kalian bisa nikmatin itu, gak dengan cara pacaran kok. Cukup rasain aja rasa itu sama hati kalian sendiri. Sama mimpi kalian sendiri. Sama khayalan kalian sendiri.

6.       Kebanyakan nonton drama

sumber
“eh tapi ini beda kak, ini bukan sinetron, ini drama korea”. Bodo amad. Sama aja. Sama-sama drama. DRAMA. Sama-sama lebay, sama-sama lebih menonjolkan tampang pemain di banding ceritanya. Cerita? Behh sama sekali gak sesuai umur mereka.

7.       Kelamaan pegang gadget

sumber
Anak-anak jaman sekarang kalo udah pegang gadget susah banget dialihinnya. Mata hati dan fikiran semua tertuju ke gadget. Bahkan sampe ada yang di ajak ngobrol pun sampe susah. Yang kayak gini nih rasanya minta banget di tampol. Dan alurnya kegiatannya begini nih:
*Update status facebook dulu ah* .
   Pas update status ngeliat status temen *eh kok status nya dia kayak gitu sih, komen deh* . *hem ngetweet dulu deh bentaran*.
*scroll2 timeline cari yang bisa di modusin*.
*oiyah sekalian update di Path*.
*foto dulu dikit deh sama bukubuku terus upload di Instagram*.
*okeh sekarang waktu nya belajar*
Beberapa menit kemudian......
Beep beep *wohh ada BBM, cek dulu deh*
Tuning tuning *eh ada line juga dari si A*
Blump blump *eh komen di facebook tadi udah dibales*
*belajar lagi deh*
Beberapa menit kemudian lagi...
*wah ada BBM lagi, cek lagi ah*
*wah udah malem, ngantuk deh*
Ujung-ujungnya rebahan terus ketiduran dan gak jadi belajar.

8.       Jam Belajar Yang Amat Kurang

sumber
ini semua terjadi akibat, kebanyakan galau, kebanyakan nonton drama dan kelamaan pegang gadget. Jadi waktu 24 jam Cuma abis di kegiatan barusan ajah. Dasar remaja. hahhaa. Di beberapa daerah, pemerintah daerah nya udah ada yang menerapkan jam belajar. Jadi di jam belajar tersebut, TV dan radio gak boleh ada yang nyala satupun. Ada petugas nya juga yang meriksa di tiap rumah. Berita lengkapnya bisa dibaca disini.

2 comments:

  1. kalo saya pikir sih kebanyakan nomer 6 dan 7 sih mbak. kalo jam belajar kayanya anak2 jaman sekarang jam belajarnya udah berlebihan kali ya. ditambahin les ini itu. jadinya mereka ga enjoy lagi buat belajar. karena sudah menjadi beban sepertinya.

    ReplyDelete
  2. bener juga ya mas...
    tapi ada beberapa anak juga yang emang ikut les, tapi pas di rumah malah ga belajar lagi. jadi ujung-ujungnya sama aja waktu belajarnya jadi dikit...

    ReplyDelete