Sunday, June 15, 2014

Tour de Singkarak 2014

sumber gambar : klik
Tour de Singkarak, pertama kali di selenggarakan pada tahun 2009. Dimana? Dari judulnya saja sudah dapat ditebak, dimana acara ini di selenggarakan. Yap. Sumatra Barat. Ini adalah sebuah kejuaraan balap sepeda jarak jauh yang di selenggarakan oleh Persatuan Balap Sepeda Internasional atau biasa di sebut Union Cycliste International


sumber gambar : klik
Pada tahun ini, para pembalap akan melalui 9 Stage . Adapaun lintasannya setiap Stage  adalah sebagai berikut :
·         Stage  1, Padang Pariaman - Pariaman
·         Stage  2, Pasaman - Pasaman Barat
·         Stage  3, 50 Kota - Tanah Datar
·         Stage  4, Bukittinggi - Agam
·         Stage  5, Payakumbuh - Solok Kabupaten
·         Stage  6, Padang Panjang - Solok Kota
·         Stage  7, Sijunjung - Dhamasraya
·         Stage  8, Sawahlunto - Solok Selatan
·         Stage  9, Pesisir Selatan - Padang
                       
Nah Danau Singkarak tadi ada di Stage  5. Istirahat makan siang pada stage  ini diadakan di Danau Singkarak. Para pembalap akan dijamu makan siang dengan pemandangan yang indah dari Danau Singkarak ini. 

sumber gambar : klik
Kejuaraan ini sangat penting untuk Sumatra Barat, bagaimana tidak... Setiap lintasan dari setiap stage  yang di lalui para pembalap, dapat memperkenalkan daerah-daerah di Sumatra Barat ini... Seperti daerah Pasaman, Bukittinggi, Agam, Padang Panjang, Payakumbuh, Sawahlunto, Danau Singkarak tentunya, dan lain-lain. Jadi, dengan adanya kejuaraan ini pastinya daerah-daerah tadi akan tersorot oleh media. Dengan begitu pula jumlah pengunjung dari dalam negri dan dari luar negripun akan meningkat. 

dokumentasi oleh: Muliani Ayu Nahri
Peserta dari balapan sepeda Tour de Singkarak ini berasal dari Australia, Philippines, Singapura, Iran, UAE, Malaysia, Mongolia, Uzbekistan, Japan, Taiwan dan tidak ketinggalan negara kita tercinta Indonesia. Peserta yang pernah memenangkan balapan ini salah satunya adalah Ghader Mizbani (38 tahun), peserta yang berasal dari Iran, pada tahun 2013 kemarin. Lalu siapakah pemenang untuk tahun 2014 ini? Belum ada yang tahu,,, karna kegiatan balapan ini masih berlangsung sampai jam 3.00 sore nanti.

Untuk kalian yang penasaran sama acara ini, tunggu saja depan di “Tour de Singkarak 2015”. Acara yang berlangsung selama seminggu ini, setiap tahunnya diselenggarakan sekitar bulan April hingga Juni. Siapin uang lebih buat temen-temen yang diluar Sumatra yang mau ikutan dateng untuk menyaksikan secara langsung balapan ini. 

Untuk Informasi lebih lanjut, kalian bisa lihat di web resmi “Tour de Singkarak”, jangan lupa juga untuk Like Fan Page Facebook "Tour de Singkarak Official" , Follow Twitter "Tour de Singkarak" dan Follow Intagram "Tour de Singkarak" . 

additional (for info about West Sumatra) : Minang Sedunia, Sumbar Minang .


Sekian. 


Sumber : 



2 comments:

  1. Waah gila danaunya mantep banget haha

    ReplyDelete
  2. iyaa luas banget, denget2 si danau terbesar nomor 2 di daerah sumatra... :D

    ReplyDelete